Membuat SoftBox Sendiri (DIY)

Membuat SoftBox Sendiri (DIY)


>


Biasanya apabila kita mulai tertarik dengan dunia fotografi, kita mulai tertarik untuk memiliki asesoris_asesoris pendukung. tapi seperti yang kita tau, harga peralatan dan asesoris untuk fotografi sangat mahal, dan terkadang kita harus merogoh kocek yg sangat dalam untuk membeli peralatan-peralatan tersebut. 

berikut ini saya akan memberi tahu cara membuat softbox sendiri. (note: hasil dari softbox ini tidak selembut softbox aslinya, jd apabila anda memiliki uang lebih saya sarankan membeli softbox yg proper. seperti istilah-istilah yg sering dipakai fotografer profesional. "you pay peanuts, you get monkey's".

PERSIAPKAN ALAT-ALAT YG DIBUTUHKAN

Alat-alat yg dibutuhkan:
- kardus bekas
- karton putih
- kertas roti
- lakban
- gunting
- cutter

MEMBUAT REFLEKTOR BAGIAN DALAM



Tempelkan karton putih ke kardus bekas. gunakan lakban berwarna hitam lalu bentuk bentuk kardus bekas supaya menyerupai softbox. guna dari karton putih adalah supaya cahaya yg keluar dari flash dapat ter-refleksi secara lembut .

BUAT LUBANG DI BAGIAN BELAKANG



Buatlah lubang di bagian belakang softbox menggunakan cutter, guna dari lubang tersebut adalah untuk memasukan kepala flash. saran dari saya lubang dibuat sepresisi mungkin sesuai dengan ukuran kepala flash. jd ukur dulu flash supaya kepalanya masuk dengan pas.

PASANG DIFUSER



Pasang kertas roti dibagian depan softbox menggunakan lakban, usahakan seluruh bagian depan tertutupi kertas roti dan rapat agar tidak ada cahaya yg bocor keluar. apabila kertas roti terlalu besar lebih baik dipotong dulu menggunakan gunting

PASANG FLASH



Pasang flash lalu cek apakah kepala flash pas dengan lubang softbox dan mampu menahan beban softbox tersebut. apabila lubang terlalu besar, maka bagian bibir lubang bisa ditempeli lakban.

HASIL


2 komentar